MEMBACA TULISAN ORANG LAIN

Saya cukup senang membaca tulisan-tulisan orang lain, meskipun ia bukan penulis terkenal. Saya selalu kagum pada kemampuannya mengungkapkan isi hati atau menanggapi sesuatu lewat tulisan. Membaca tulisan-tulisan orang lain memberikan inspirasi dan dorongan untuk menulis. Sebab dari orang itu saya belajar arti kesederhanaan.


Ia pasti sadar bahwa ia bukan penulis handal dan kurang berpengalaman. Tapi ia memiliki keberanian untuk tetap menulis. Ia mungkin percaya bahwa cara untuk menjadi penulis adalah dengan mulai menulis, tak peduli bahwa kemampuan belum mumpuni. Ini yang saya tangkap darinya.


Terkadang, saya malah begitu asyik membaca tulisan-tulisannya ketimbangan tulisan-tulisan para penulis yang sudah profesional. Saya merasa belajar bersamanya, bukan digurui.


Saya tidak hendak mengatakan bahwa para penulis profesional sering menggurui dalam tulisan-tulisan mereka. Saya hanya berpikir bahwa level mereka sudah jauh di atas saya. Mungkin saya bisa mencapai mereka, mungkin juga tidak. Tapi, apakah saya tidak atau berhenti menulis hanya karena berpikir bahwa saya tak akan bisa jadi penulis profesional dan terkenal?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HARI KEDUA KURSUS MOBIL

MISA SETELAH SEKIAN LAMA

BARCELONA DAN RASA DEGDEGAN SAYA